7 Tipe Baju Adat Maluku Ambon, Lengkap Dengan Penjelasan

Pada kehidupan warga Ambon di Maluku pada umumnya mempunyai busana adat yang dilengkapi dengan pernak- pernik yang dibuat dari bahan simpel misalnya dari manik- manik, batu- batuan, tumbuh- tumbuhan, tulang hewan serta lain sebagainya tipe baju adat maluku serta keunikannya hendak dibahas dibawah ini.

Bersamaan dengan kemajuan era yang memberikan transformasi dalam seluruh aspek kehidupan, busana adat juga alami transformasi paling utama untuk busana kalangan wanita baik dari segi bahan, desain model ataupun asesorisnya.

Perihal ini terjalin oleh sebab terdapatnya pengaruh budaya lain yang tiba dari luar misalnya dari Tiongkok, Arab serta Eropa yang setelah itu pengaruhi busana adat. serta oleh pemakainya dipadukan sesudah itu diterima jadi bagian dari miliknya.

Situasi itu terus tumbuh serta pada akhirnya di masa globalisasi ini timbul busana- busana adat yang baru yang sudah dimodifikasi sesuai dengan perkembangan.

Sejalan dengan timbulnya modifikasi dalam busana adat tanpa terasa sudah meninggalkan unsur- unsur lama yang sebetulnya dalam tata rias itu banyak mempunyai nilai berarti untuk sang pemakai. Kemudian apa saja tipe serta nama baju tradisional suku ambon Maluku, hendak dipaparkan secara details dibawah ini.

  1. Baju Adat Cele serta Kain Salele Provinsi Maluku

Tipe Pakaian cele serta kain salele oleh suku Ambon terdiri dari pakaian atasan kebaya serta kain sale buat bawahan. Pada bagian bahu terdapat semacam selendang diucap pikul.

Umumnya jujaro ataupun perempuan gadis yang menggunakan busana tradisional ini diberi sebutan nona pakaian cele kaeng ataupun kain salele. Buat perempuan kalangan ibu yang telah menikah, diberi sebutan Nyora pakaian cele kain salele

Pada umumnya busana ini mempunyai corak waena riang ataupun berani( mayoritas merah), sebab mempunyai nilai keceriaan serta kecekatan.

Guna busana tradisional cale dapat dikenakan dalam upacara- upacara adat, kegiatan pelantikan raja, kegiatan mencuci negara, kegiatan acara negara, kegiatan panas pela serta yang lain.

  1. Pakaian Adat Nona Rok Maluku

Ialah Kebaya putih tangan panjang berlengan kancing dari tipe kain Brokar halus. Mempunyai Pengikat pinggang yang dibuat dari perak yang diucap pending. Buat alas kaki dilengkapi Sepatu vantovel gelap serta berkaos kaki putih.

Pada bagian bawahan memakai Rok dengan jahitan lipat kecil sekali dari mengenakan tipe kain motif kembang kecil warna merah ataupun orange. Tidak lupa pula konde terbuat dari rambut asli ataupun konde palsu yang siap dipakai ialah konde bulan.

  1. Baniang Putih

Baju adat tipe Baniang putih wujudnya semacam kemeja cirikhas ataupun pembeda ialah kerah bajunya bulat serta diberi kancing putih.“ Pakaian Baniang putih dipakai dibagian dalam baju lelaki ialah kebaya dansa” Perhatikan foto dibawah ini.

  1. Kebaya Dansa

Busana Kebaya dansa wujudnya semacam kemeja leher bulat karakteristik khsanya ialah tidak mengenakan kancing. Tipe kain yang digunakan boleh polos tetapi boleh pula tipe kain kembang kecil.

  1. Kebaya Putih Tangan Panjang serta Kain Silungkang

Busana Kebaya putih tangan panjang dari bahan kain brokar warna putih degnan kancing pada tangan kebaya pula kancing peniti emas.

Aksesoris Konde/ sanggul ialah bernama konde bulan yang rekatkan dengan tusuk konde yang diucap karkupeng.

Model baju ini dipakai pada masa lalu oleh wanita- wanita, keluarga raja, keluarga guru, serta keluarga pendeta.

  1. Kebaya Gelap Gereja

Nyaris sama dengan kebaya kain silungkang, berbeda pada warna serta pemakaian nya. Kebaya gelap gereja bermotif pakaian cele, berlengan panjang dari kain brokar gelap, dilengkapi kain sarung dari tipe brokar yang sama. Baju ini dipakai boleh mengenakan kain pikul/ semacam selendang di bahu, boleh pula tidak.

  1. Baju Adat Pengantin Nona Canela, Mustiza dari Maluku

Baju adat pengantin nona canela Yang diucap pakaian mustiza, pakaian pono ataupun pakaian basumpa. Selaku hasil Akulturasi budaya orang Ambon serta Portugis yang diucap orang- orang Portugis campoeran yang diberi nama Mustiza/ Mestiezen yang berarti kombinasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *