Mengenal Suku Kubu dari Jambi

Negerisatu.id – Suku Hip atau dikenal juga dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu dari sedikit suku bangsa yang hidup di pulau Sumatera, beberapa di antaranya di provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Mereka biasanya tinggal di Provinsi Jambi, dengan jumlah penduduk sekitar 200.000 jiwa.

Asal usul Suku Kuda Nil masih diragukan, hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan asal usulnya. Dari mulut ke mulut, beberapa orang berdebat, dan berakhir dengan munculnya suku Hippo.

Menurut tradisi lisan, Suku Anak Dalam adalah suku Maalau yang terasing, mengungsi ke hutan dekat Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas. Mereka kemudian disebut sebagai nenek moyang Mayo.

Tradisi lain menyebutkan mereka berasal dari daerah Pagaruyung, yang mengungsi ke Jambi. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa dinasti Anak Dalam memiliki bahasa dan adat istiadat yang sama dengan dinasti Minangkabau, seperti sistem keluarga matrilineal.

Berkenaan dengan bahasa Kubu yang sering menggunakan bahasa hutan dan bahasa Minang, terjemahan kedua ini diterima dan dikuatkan secara luas. Orang Rimba juga menganut sistem matrilineal, mirip dengan budaya Minang.

Dan yang lebih menakjubkan lagi, Orang Rimba mengenal delapan Rukun Hukum yang memiliki aturan empat orang ke atas yang juga dikenal di daerah Minang.

Daerah Kubu Kandang yang sebagian besar telah bermigrasi ke beberapa daerah di sebelah barat Jambi. Dari ratusan tahun yang lalu, Kuda Nil tidak tahu kemajuan. Kehidupan mereka sangat bergantung pada alam.

Suku Kubu Jambi – Kehidupan Semi-Nomadik

Mereka hidup semi-nomaden, karena kecenderungan mereka untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bidik, baik itu “melangun” atau migrasi ketika seseorang mati, menghindari musuh, dan membuka ladang baru.

Orang Hippo tinggal di daerah kumuh sudungon, bangunan kayu hutan, dengan dinding berdinding dan daun jerami.

Berdasarkan survei Kelompok Konservasi Nasional Indonesia (KKI) Warsi pada tahun 2004, jumlah populasi mereka di Pulau Nasional Bukit Duabelas adalah 1.542 orang. Mereka menduduki hutan yang kemudian dikenal sebagai lokasi TNBD, yang berbatasan dengan empat kawasan, yakni Batanghari, Tebo, Merangin, dan Sarolangun.

Hingga tahun 2006, setidaknya ada 59 kelompok kecil, beberapa mulai hidup dan beradaptasi dengan kehidupan desa terdekat. Namun, kebanyakan dari mereka masih tinggal di hutan dan menjalankan aturan tradisional, seperti yang dilakukan nenek moyang mereka.

Selain di TNBD, suku Hippo juga tersebar di tiga wilayah lainnya. Populasi terbesar di Bayung Lencir, Sumatera Selatan, sekitar 8.000 orang. Mereka tinggal di sepanjang sungai keempat (lebih kecil dari sungai tersier), seperti Sungai Bayung Lencir, Sungai Lilin dan Sungai Bahar.

Ada juga warga Kabupaten Sarolangun, di dekat sungai-sungai Limun, Batang Asai, Merangin, Tabir, Pelepak dan Kembang Bungo, yang jumlahnya sekitar 1.200. Satu kelompok tinggal di Taman Nasional Bukit Tigapuluh, sekitar 500 orang.

Secara umum, Jambi hidup di 3 wilayah geografis yang berbeda, yaitu Orang Kubu di utara Provinsi Jambi (sekitar Taman Nasional Bukit 30), Taman Nasional Bukit 12, dan Provinsi Jambi bagian selatan (dekat jalan Sumatera). .

Mereka menjalani kehidupan nomaden dan mendasarkan hidup mereka pada berburu dan meramu, meskipun banyak dari mereka sekarang memiliki ladang karet dan pertanian lainnya.

Kehidupan mereka sangat menyedihkan serta hilangnya sumber daya hutan Jambi dan Sumatera Selatan, dan praktik eksklusivitas oleh pemerintah dan tokoh (Melayu) Jambi dan Sumatera Selatan.

Suku Kuda Nil Jambi – Ketaatan pada Keyakinan Animisme

Sebagian besar suku kamp menganut kepercayaan animisme, tetapi ada juga puluhan keluarga yang telah memeluk agama Kristen atau Islam.

Bagi Suku Kubu tetap di wilayah Sumatera Selatan, khususnya Rawas Rupit dan Musi Lakitan, banyak suku Kubu yang menggantungkan mata pencahariannya dari kelapa sawit, bahkan ada yang memanfaatkan kebun sawit Lonsum untuk mencuri dan menjual di daerah tersebut. toko ..

Mereka karena mereka berpegang pada prinsip bahwa apa yang tumbuh di alam adalah milik bersama mereka. Namun, banyak juga benteng di kawasan Musi dan Rawas yang mengadopsi tren terkini, antara lain penggunaan kendaraan bermotor dan senjata buatan (kecepek).

Pakaian mereka dan tubuh mereka yang sedikit lemah sering menjadi akal sehat yang memungkinkan orang-orang di sekitar mereka untuk mengidentifikasi dengan Kuda Nil dan masyarakat sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *