• Senin, 18 Maret 2019
  • Memuat...

Pisang Epe, Kuliner Khas Pantai Losari Makassar

Berkunjung ke Makassar, Anda bisa menikmati aneka sajian pisang yang enak. Mulai dari es pisang ijo hingga pisang epe dengan siraman gula yang legit. Enak!

Negerisatu News

Jajanan khas Makassar memang banyak yang menggunakan bahan pisang. Misalnya saja es pallu butung, es pisang ijo dan yang satu ini adalah pisang epe.

Pisang epe dibuat dengan cara pisang dipipihkan dan dibakar. Kemudian disajikan dengan saus gula merah cair. Manis dan legit!. Camilan manis ini sangat populer di Makassar, bahkan di Pantai Losari dan menjadi salah satu makanan khas di sana. Menyantap pisang epe, paling enak sekaligus menikmati keindahan laut.

Dalam bahasa Makassar, epe berarti jepit. Pemilihan pisangnya adalah pisang raja yang dibakar lalu dijepit hingga pipih. Pisang raja digunakan karena aromanya yang khas dan rasanya yang manis.

Selain disiram dengan saus gula merah, pisang epe kini juga banyak disajikan dengan aneka saus modern seperti saus coeklat dan durian. Agar semakin semarak, pisang epe juga bisa ditambahkan dengan keju, meisjes hingga kelapa sangrai.

Kalau berkunjung ke Makassar, Anda bisa menikmati pisang epe yang terkenal enak. Salah satunya di kawasan Maloku, dengan jaringan tercepat dan terluas Anda bisa mampir ke pisang epe enak ini.

Sudah Ada Sejak Tahun 70-an

sumber foto: beritamks

Keberadaan pisang epe tak bisa dilepaskan dari sejarah Pantai Losari itu sendiri. Penjual pisang epe di Losari telah ada sejak tahun 70-an, bersamaan dengan meningkatnya keramaian di Pantai Losari, padahal sebelumnya para pedagang dilarang berjualan di pantai.

Bermula dari lima gerobak dorong, kini sudah ratusan gerobak dorong pisang epe yang bisa ditemui di pinggiran Pantai Losari. Bahkan dahulu Pantai Losari pernah dijuluki restoran pisang epe terpanjang di dunia.

Pisang epe sudah menusantara, bahkan di beberapa daerah juga telah mengenal penganan jenis ini, seperti di Padang menyebutnya dengan pisang gepeng, Samarinda menyebutnya dengan pisang gapit, di Ambon dan Kupang menyebutnya dengan pisang gepe, bahkan di Jawa dan Bali lebih populer dengan istilah banana press.

Demikian juga bahwa pisang epe sebagai traditional cake juga telah menjadi peganan modern yang disajikan dibeberapa restoran di Kota Makassar

Bukan hanya dinikmati oleh kalangan dari masyarakat SulSel saja, tetapi juga masyarakat luar daerah hingga banyak juga wisatawan manca negara yang mencoba dan mengemari makanan khas ini.

diolah: berbagai sumber

Negerisatu News

0 Komentar

Komentar Facebook

Post yang Berkaitan