Tips mengasah otak kiri anak anda dengan cepat dan mudah

NEGERI SATU – Untuk memaksimalkan kekuatan otak kiri Anda, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.
1. Jalankan

Olahraga sering dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Olahraga juga membantu menyegarkan otak. Hal ini didasarkan pada penelitian oleh para peneliti di Salk Institute yang menemukan bahwa tikus yang senang berlari di atas roda olahraga mengalami pertumbuhan sel-sel baru di area memori otak dan belajar dua kali lebih banyak. Namun, hal ini bisa terjadi karena otak Anda terasa lebih istirahat dan rileks saat berolahraga.
2. Selesaikan teka-teki silang

Menyusun dan memainkan teka-teki silang merupakan salah satu bentuk belajar sambil bermain. Dengan stimulasi melalui permainan, anak dapat mengasah kemampuan berpikirnya tanpa dipaksa. Otak yang tajam dan aktif menjaga stamina. Juga, mengisi teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan anak Anda untuk menganalisis masalah.
3. Buat teka-teki

Bermain puzzle dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda. Otak dilatih untuk berpikir kreatif dengan mencoba menyatukan potongan-potongan gambar untuk membuat gambar yang lengkap. Game ini sangat bagus untuk melatih kesabaran dan akurasi anak-anak dan juga bermanfaat.
4. Baca ceritanya

Orang tua yang sering membacakan cerita untuk anaknya dengan bahasa yang berkualitas (benar) dapat memperkaya kosakata dan struktur bahasa anak. Semakin banyak anak diajak membaca, semakin baik kemampuan berbicaranya.
5. Latih ingatan dan pemikiran logis anak-anak

Memori dan keterampilan penalaran anak-anak dapat dilatih dengan berbagai cara. Sesi tanya jawab menyusul. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan anak berpikir dan mengingat hal-hal baru yang dipelajarinya.
6. permainan teka-teki

Permainan ini dapat dimainkan dengan menebak bentuk dan warna saat anak Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya adalah ketika anak Anda makan atau menonton TV. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan.
7. Mainkan dan amati

Orang tua mendorong anak-anak mereka untuk bermain dan mengamati. Game ini mengajak anak untuk bertukar pikiran tentang masalah sederhana dan sekitarnya. Sama seperti saat mengamati langit, orang tua dapat mengajukan pertanyaan seperti “Mengapa langit berwarna biru?” untuk menarik perhatian anak. “Mengapa langit malam semakin gelap?”
8. Biasakan anak Anda untuk disiplin

Biasakan mereka untuk disiplin sejak dini. Kebiasaan ini bisa berdampak positif bagi masa depan anak. Melatih kebiasaan dapat dicapai dengan membiasakan perilaku sederhana seperti mengembalikan anak ke tempat asalnya setelah bermain atau membuang sampah pada tempat sampah.
9. Cobalah hal-hal baru

Menurut Profesor Lawrence C. Katz, seorang neurobiologis di Duke University, D, mengatakan bahwa mencoba hal-hal baru dapat meningkatkan fungsi otak yang lamban atau lamban untuk membuatnya lebih aktif. Oleh karena itu, revitalisasi otak membutuhkan hal-hal baru, seperti mencoba keterampilan baru yang belum dimiliki atau mengubah kebiasaan lama menjadi baru. Misalnya, perkenalkan anak bermain puzzle.
10. Tanyakan

Pertanyaan biasanya diajukan oleh anak-anak. Karena ketika Anda mencapai usia itu, Anda memiliki banyak hal untuk mendapatkan perhatian Anda. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan anak-anak pada diri mereka sendiri adalah “apa?”, “Mengapa?”, “Mengapa?”, “Bagaimana?” dan siapa?”. Dalam mengembangkan keterampilan interogasi anak, orang tua berperan dalam mengenalkan anak pada berbagai objek di lingkungan. Dengan cara ini, anak-anak memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang menimbulkan pertanyaan di otak mereka.
11. Menulis untuk membaca

Menulis adalah stimulan yang baik untuk melatih otak anak untuk mengembangkan keterampilan otak. Anda bisa mulai dengan mengundangnya untuk menuliskan sesuatu.

Itulah pembahasan mengenai Tips mengasah otak kiri anak anda dengan cepat dan mudah, semoga bermanafaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *