• Senin, 18 Maret 2019
  • Memuat...

Mulai Sekarang Nonton di Bioskop Harus Nyanyikan Lagu “Indonesia Raya”

Sebuah surat imbauan yang ditandatangani Menpora Imam Nahrowi menyerukan kepada seluruh pengelola bioskop agar memutar lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan memandu para penonton untuk bernyanyi bersama sebelum pemutaran film.

Negerisatu News

Imbauan itu beredar dalam saluran grup obrolan dengan nomor 1/30/1/MENPORA/1/2019 tentang aktivitas menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film. Surat imbauan Menpora yang diitandatangani tanggal 30 Januari 2019 itu ditujukan kepada seluruh pengelola bioskop di Indonesia.

Adapun isi surat imbauan itu sebagai berikut:

Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga, serta cinta pada Tanah Air, dengan ini kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan, sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film.

Demikian imbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Jadi bagi Anda yang berniat nonton bioskop. Jangan kaget jika mulai saat ini pengelola bioskop akan memutarkan lagu “Indonesia Raya” dan mengajak penonton untuk menyanyikannya bersama-sama sebelum pemutaran film.

Soal adanya surat imbauan tersebut, pihak Kemempora yang diwakili Sesmenpora, Gatot Dewa Broto membenarkan soal tersebut. “Iya itu betul. Betul yang tertulis seperti dalam surat edaran itu,” katanya, Kamis (31/1/2019).

Ia juga menjelaskan bahwa alasannya juga sama seperti yang tertulis dalam surat edaran yang ditandatangani Menpora, Imam Nahrawi. Surat itu dimaksudkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada Tanah Air.

“Dengan itu, diminta pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutar sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film diputar,” katanya.

ilustrasi menonton di bioskop. sumber foto: internet

Soal adanya surat imbauan tersebut, salah satu perwakilan dari perusahaan bioskop di Tanah Air, yaitu CGV Cinemas pun angkat bicara. Rivki Morais Umagapi selaku Content Marketing CJ CGV Cinemas membenarkan bahwa pihaknya baru saja mendapat surat edaran dari Kemenpora pada hari ini.

Namun untuk realisasinya, Rivki mengaku masih perlu membahasnya dengan pihak manajemen dan tim secepatnya. “Kami baru menerima surat (edaran) ini, akan dibahas ke management secepatnya,” kata Rivki.

Tak hanya itu, Rivki mengaku perlu ada diskusi lebih lanjut dengan banyak pihak terkait surat edaran tersebut. Adapun yang didiskusikan, yakni tentang detail menyeluruh untuk merealisasikannya di studio bioskop sesegera mungkin.

Negerisatu News

0 Komentar

Komentar Facebook

Post yang Berkaitan