• Senin, 18 Maret 2019
  • Memuat...

Yuyun Wahyuningrum Wakili Indonesia di Komisi HAM ASEAN!

Indonesia akan diwakili oleh Yuyun Wahyuningrum di ASEAN Intergovernmental Comission on Human Rights (AICHR). Pegiat HAM Indonesia ini bakal ikut berpartisipasi di ajang yang juga dikenal dengan nama Komisi HAM ASEAN itu, selama periode 2019-2021.

Negerisatu News

Wanita yang dipanggil Yuyun ini sekarang menjabat Penasehat Senior ASEAN dan HAM pada Human Rights Working Group. Ia terpilih berdasarkan seleksi yang diadakan Kementerian Luar Negeri, menyisihkan tiga finalis lainnya termasuk wakil Indonesia di periode 2016-2018, Dinna Wisnu.

“Menjadi wakil Indonesia di AICHR bukan tentang saya tetapi tentang bagaimana Indonesia menjalankan peran leadership-nya dalam HAM di ASEAN”, ujar Yuyun dikutip dari Tempo.co.

“Saya dipilih untuk berada di driving seat. Itu artinya saya harus menavigasi kepentingan HAM Indonesia di tingkat regional dengan terus mendengarkan arahan, kritik, masukan dari interlocutors (institusi-institusi terkait dan masyarkat sipil),” katanya menambahkan.

Selain menjabat sebagai Penasehat Senior ASEAN dan HAM di Human Rights Working Group, Yuyun juga aktif di sejumlah organisasi. Di antaranya adalah HRWG, ASEAN Parliamentarians for Human Rights, The Southeast Asian Initiatives for Human Rights Governance and Accountability atau SIHRA, dan Women Voices in ASEAN.

Kiprah Yuyun sebagai pegiat HAM sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Ia fokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ASEAN, seperti keamanan, politik, dan pilar kultur sosial ASEAN. Yuyun menyempatkan waktunya di sela-sela melanjutkan studi di program PhD Researcher di ISS Den Haag, Belanda.

Selama berkarier, karya-karyanya banyak dimuat media nasional maupun luar negeri, seperti The Jakarta Post, NewDesk Asia, Bangkok Post, The Nation, dan Talking ASEAN di Habibie Center.

Negerisatu News

0 Komentar

Komentar Facebook