Suku-suku yang Populer di Indonesia (Bagian 1)

negerisatu.id – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki daftar ratusan suku bangsa dengan ribuan ras lainnya. Di antara ribuan suku bangsa Indonesia, ada suku-suku yang cenderung lebih menonjol sehingga dapat dibedakan menjadi suku-suku yang dikenal.

Luar biasa atau tidak terkait atau bersyarat. Misalnya tergantung jumlah penduduk, apakah sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia mengetahuinya atau tidak, atau faktor lainnya.

Sedikitnya 26 suku di Nusantara dapat digolongkan sebagai suku yang dikenal, dalam arti suku-suku ini sering disebut dan didengar di jendela ranah publik negeri ini.

Artinya, jika ada ras tertentu yang menurut Anda layak disebut ras populer dan tidak termasuk dalam daftar ras berikutnya, bukan berarti ras tersebut tidak penting atau tidak penting.

Namun karena ras ini belum familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Suku-suku yang terkenal di Indonesia antara lain:

Suku Jawa

Suku Jawa adalah suku terpadat di Indonesia. kebanyakan dari mereka berasal dari  dan Daerah Istimewa Yogyakarta , Jawa Tengah, dan Jawa Timur

Sisanya tersebar di seluruh Indonesia dan wilayah. Hampir tidak ada pulau dan tempat tanpa bahasa Jawa.

Suku sunda

Masundane adalah suku yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, dahulu bernama Matatar Pasundan.

Saat ini wilayah tersebut termasuk dalam Provinsi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Lampung, dan Jawa Barat (Banyumasan). Bahasa Sunda tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Jawa.
suku melayu

Orang Melayu yang mayoritas penduduknya Australia tinggal di Semenanjung Malaya, Sumatera bagian timur, Thailand selatan, pantai selatan Burma, pulau Singapura, pantai Kalimantan termasuk Brunei, Kalimantan Barat, Sarawak dan Sabah yang terletak di pantai, serta seperti di pulau-pulau. ditemukan di antara daerah-daerah ini, umumnya dikenal sebagai Alam Melayu.

Suku Batak

Batak adalah salah satu suku terbesar di Indonesia. Nama suku ini merupakan istilah kolektif yang menunjukkan banyaknya suku bangsa yang hidup dan berasal dari Pantai Barat dan pantai timur Provinsi Sumatera Utara.

Suku-suku yang terbagi dalam kelompok Batak antara lain: Batoba Batak, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola dan Batak Mandailing.

Suku minangkabau

Suku Minangkabau atau disingkat Minang mengacu pada sebuah gerakan budaya dan wilayah yang dikenal dengan penggunaan bahasa, tradisi yang menganut hubungan kekeluargaan, dan identitas agama Islam.

Berdasarkan wilayahnya Minangkabau meliputi wilayah setengah dari daratan Riau, Sumatera Barat, bagian barat Jambi,  Utara, barat daya Aceh, bagian utara Bengkulu, pantai barat Sumatera , dan Negara Bagian Sumatera Utara. Sembilan di Malaysia.

Suku Dayak

Suku Dayak adalah suku terbesar di pulau Kalimantan, dan terletak di Brunei, Malaysia.

Ada 5 atau 7 suku asli Kalimantan yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung. Suku Dayak dikenal luas sebagai masyarakat yang memiliki kesaktian.

Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku Sulawesi Selatan. Ciri utama ras ini adalah bahasa dan budayanya.

Namun, para perantau Minangkabau dan Melayu  yang datang merantau ke Sulawesi sejak abad ke-15 sebagai pekerja  dan pedagang di Kerajaan Gowa telah kembali berorganisasi dan terpecah menjadi Bugis.

Suku  Tionghoa

Orang Tionghoa adalah keturunan pendatang Tionghoa yang menetap di Indonesia secara bertahap dan turun-temurun, sejak ribuan tahun yang lalu.

Suku Tioghoa tidak menguasai satu wilayah atau pulau, tetapi tersebar di seluruh nusantara, terutama Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak dan Bangka-Belitung.
Suku Banten

Orang Banten merupakan pemukim pertama Tatar Pasundan yang bermukim di wilayah kesultanan Banten pertama di luar Parahiyangan, Cirebon dan Jakarta. Nama Suku Banten kini telah menjadi nama Provinsi Banten yang dulunya merupakan Kesultanan Banten.

Suku Madura

Orang Madura adalah bangsa Indonesia terpadat sekitar 20.179.356 juta (sensus 2014). Asal mereka kebanyakan dari pulau madura dan beberapa pulau disekitarnya.

Suku Bali

Masyarakat Bali adalah kelompok etnis yang tinggal di Pulau Dewata Bali, dengan karakteristik budaya yang unik dipengaruhi oleh agama Hindu dan Budha. Orang Linese, seperti orang Madura, seperti pulau tempat mereka tinggal.

Suku aceh

Anglikan adalah kelompok etnis yang tinggal di provinsi dan kota Banda Aceh. berdasarkan perkiraan yang terbaru, populasi suku Aceh kurang lebih mencapai 3.526.000, yang kebanyakan tinggal di provinsi Aceh, Indonesia.

Suku banjar

Suku Banjar adalah suku yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan, juga sebagian Kalimantan Tengah dan sebagian Kalimantan Timur.

Banyak penduduk Banjar juga dapat ditemukan di Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Semenanjung Malaysia sebagai akibat dari migrasi Banjar abad ke-19 ke Kepulauan Melayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *