Berikut Baju Adat Toraja Untuk Pernikahan Dan Ciri Khasnya

Pakaian Adat Toraja Buat Pernikahan

Toraja merupakan suku yang terletak di Sulawesi Selatan. Wilayah menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Indonesia dengan bermacam- macam tempat wisata istimewa. Banyak turis yang muncul serta berkunjung ke bermacam destinasi wisata di Toraja tiap tahunnya.

Tidak cuma itu, dapat dikatakan bila wilayah ini ialah daerah yang masih mempunyai budaya dan tradisi yang cenderung kental. Salah satu fakta dari budaya yang masih lekat merupakan pemakaian baju adat Toraja oleh warga setempat, paling utama buat momen- momen tertentu yang berkaitan dengan adat.

Dapat dikatakan bila baju adat Toraja telah sangat menempel dengan warga setempat sehingga salah satu peninggalan budaya ini masih terus lestari sampai saat ini. Nah, pada kesempatan ini hendak dibahas sebagian perihal menarik tentang baju adat Toraja yang dikenakan baik oleh perempuan maupun pula pria.

Karakteristik Khas Pakaian Adat Toraja

Tiap baju adat memanglah mempunyai karakteristik tertentu serta jadi salah satu pengenal dari budaya tersebut, tercantum pakaian adat Toraja. Tidak dimungkiri memanglah kalau terdapat sebagian modifikasi yang diterapkan pada edisi baju adat terbaru, tetapi secara universal karakteristik baju adat Toraja tersebut tidak banyak berganti.

Karakteristik pertama dari pakaian adat Toraja merupakan pemakaian kain tenun khas Toraja pada pakaian adat tersebut. Dapat dikatakan bila kain tenun yang digunakan pada pakaian adat Toraja ialah produk kebanggaan dari warga setempat sebab ialah suatu kerajinan tangan yang mempunyai nilai sangat besar.

Tidak hanya itu, pakaian adat Toraja cenderung mempunyai corak serta warna yang lumayan bermacam- macam. Terdapat corak yang unik serta berbeda dari pakaian adat Toraja bergantung pada tujuan pemakaian pakaian adat tersebut. Sebaliknya buat warna, pakaian adat Toraja cenderung memakai warna yang nampak lebih mencolok, semacam merah maupun kuning tua.

Pakaian Adat Toraja Buat Pernikahan

Perkawinan untuk warga Toraja merupakan salah satu perihal yang sangat sakral sehingga terdapat rangkaian upacara yang hendak dijalankan paling utama oleh kedua mempelai. Tidak cuma itu, dalam penyelenggaraan perkawinan yang dilakukan, terdapat sebagian ketentuan yang mengikat kedua mempelai, terutama terkait pakaian yang hendak dikenakan.

Perlu diketahui bahwa upacara perkawinan di Toraja dapat dikatakan ialah suatu kegiatan yang megah dan elegan. Terdapat banyak rangkaian kegiatan yang bakal diselenggarakan dengan bermacam peralatan yang berbeda. Walaupun, pasti saja, terdapat perbedaan detail kegiatan perkawinan disesuaikan dengan gelar sosial dari mempelai tersebut.

Spesial untuk pakaian adat yang dikenakan dikala perkawinan, warga Toraja akan menggunakan pakaian model kurung yang menutupi badan mempelai secara totalitas. Walaupun demikian, saat ini banyak inovasi pada model pakaian yang dikenakan sehingga terdapat kesan modern yang ditampilkan.

Tidak cuma itu, apa yang menarik dari pakaian adat Toraja buat kegiatan perkawinan merupakan kesan elegan yang ditampilkan. Pakaian yang dikenakan mempelai biasanya bercorak merah dengan sentuhan corak emas. Tidak hanya itu, terdapat pula pakaian bercorak kuning serta putih yang dijadikan alterasi serta dilengkapi dengan bermacam- macam pernak- pernik khas dari Toraja.

Demikian pembahasan terkait baju adat pernikahan Toraja . Pasti saja, pakaian adat yang dipunyai suku di Indonesia wajib tetap dilindungi serta dilestarikan sebagai suatu peninggalan budaya dan kekayaan Indonesia yang diakui oleh mata dunia. Perlu tindakan aktif warga paling utama generasi muda buat mewujudkan perihal tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *