Berikut 5 Jenis Baju Adat Sumatera Utara, Lengkap dengan Penjelasan!

Sumatera Utara merupakan suatu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, berbatasan dengan Aceh di sebelah utara serta dengan Sumatera Barat dan Riau di sebelah selatan. Provinsi ini paling utama ialah kampung taman suku bangsa Batak, yang hidup di pegunungan serta suku bangsa Melayu yang hidup di wilayah pesisir timur. Tidak hanya itu pula terdapat suku bangsa Nias di pesisir Barat Sumatera, Mandailing, Jawa serta Tionghoa. Ada bermacam peninggalan budaya di provinsi sumatera utara salah satunya ialah baju adat.

Peninggalan budaya Baju Adat dari generasi ke generasi ialah kostum yang mengekspresikan bukti diri, yang umumnya berhubungan dengan daerah geografis ataupun periode waktu dalam sejarah. Pakaian adat pula bisa menampilkan status sosial, pernikahan, ataupun agama. Di masa modern busana adat pula jadi trend inspirasi fesyen yang unik serta kreatif.

Berikut 5 Tipe Pakaian Adat Sumatera Utara, Lengkap dengan Uraian!

1. Busana Adat Batak Simalungun

Keunikan serta identitas dari baju adat Batak Simalungun ini ada pada penutup kepala laki- laki serta perempuan yang bernama Bulang Simalungun dikenakan perempuan, serta Gotong dikenakan oleh laki- laki.

Sebaliknya kain ulos yang dikenakan telah bawaan adat disuku batak, kala berjalannya kegiatan perkawinan misalnya hendak banyak ulos yang dikenakan pengantin laki- laki serta perempuan.

Butuh diketahui tipe ulos yang dipadankan dalam adat perkawinan suku batak salah satunya ulos suri- suri

Karakteristik khas nya berwana gelap semacam yang dikenakan laki- laki pada foto sebelah kiri diatas.

Tetapi demikian bila sedang melakukan tortor, serta bila sang pengantin telah melakukan adat akan berbeda ragam ulos yang digunakan.

Sebagian contoh ulos yang diterimasi pengantin merupakan, ulos ragi hotang, ulos suri- suri, tipe ulos mangiring, tenun ulos bintang maratur bergantung undangan yang membagikan ulosnya.

2. Baju Tradisional Batak Karo Sumatera Utara

Busana tradisional batak karo mempunyai karakter unik pada penutup kepala lebih bessar serta agak lebar buat laki- laki pula nampak unik serta beda dari yang lain.

Macam pernak- pernik aksesoris semacam kalung, anting, gelang.

Warga karo mempunyai kain tradisional khas serta keunikan tertentu kain yang digunakan disebut kain uis. Identik dengan merah serta ke- emasan.

setelah itu buat bawahan pengantin Laki- laki menggunakan celana panjang sedangkan pengantin perempuan menggunakan rok berbahan tenun ulos.

3. Pakaian Tradisional Suku Batak Nias

Batak nias dari sumut mempunyai baju tradisional yang gampang dikenali serta mempunyai perbandingan mulai dari penutup kepala serta warna pakaian didominasi kuning, merah serta gelap. Nama dari baju adat dari suku ini disebut sebagai baru, buat kalangan laki- laki suku Nias pula menggunakan pernak- pernik yang jadi pelengkapnya serta khas yang disebut kalabubu.

4. Baju Adat Melayu Medan Sumatera Utara

Suku melayu sumatera utara mempunyai warna baju yang didominasi warna kunging ke- emasan.

Pula mempunyai penutup kepala pada laki- laki serta perempuan berbeda serta mempunyai karakteristik khas tertentu.

5. Fesyen Berbasis Baju Adat Sumatera Utara

Tipe yang terkahir pada ulasan ini merupakan busana mode yang mengadopsi baju khas adat Batak Sumatera Utara semacam Ulos. Semacam apa wujud serta tampilan pakaian batak bila disentuh oleh desainer handal.

Penutup terikat Baju Tradisional Sumatera Utara

Perbandingan pada tiap pakaian adat khas sub- etnis suku batak disumatera utara

Tiap penutup kepala baju adat mempunyai keunikan tiap- tiap busana.

Sekiranya bila masih terdapat yang kurang dalam postingan ini mohon dikoreksi pada kolom pendapat demi kemajuan web ini

mudah- mudahan berguna serta bermanfaat untuk nusa serta bangsa.

Membedakan baju adat perkawinan suku batak sumatera utara lebih gampang dibedakan dengan memandang bntuk dari penutup kepala yang digunakan oleh pengantin laki- laki serta perempuan. silahkan kamu share data ini kepada saudara terdekat supaya mereka pula paham serta memahami kebudayaan dari Indonesia, terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *