Breaking News

Baju Adat Kalimantan Timur

Baju Adat Kalimantan Timur. Pakaian adat kalimantan timur yang pertama adalah kutsin. Pakaian adat sakai merupakan salah satu kebudayaan pakaian adat kalimantan timur.

Baju Adat Untuk Pengantin Disebut Juga Radea from www.radea.co

Ada banyak suku yang menghuni, seperti suku kutai, suku penajem, suku berau hingga suku tunjung. Kalimantan timur adalah salah satu provinsi di wilayah indonesia yang unik dan menarik. Untuk penjelasannya simak ulasan dibawah ini diantaranya sebagai berikut :

Budaya Dan Adat Yang Dimiliki Oleh Kalimantan Timur Terbilang Sangat Unik Dan Beragam, Hal Ini Bisa Terjadi Karena Dalam Provinsi Ini Terdapat Banyak Perpaduan Dari Beberapa Suku Yang Ada.

Suku asli dari daerah kalimantan timur, diantaranya ada suku kutai, suku pasir atau paser, suku benuaq, suku berau, dan juga suku dayak lainnya. Pakaian adat yang satu ini mirip baju tradisional tiongkok. Melihat model dan atributnya, busana ini mendapat banyak pengaruh dari luar, seperti:

Pakaian Adat Ini Berasal Dari Salah Suku Yang Terdapat Di Kalimantan Timur, Yaitu Suku Kutai.suku Kutai Ini Memiliki Arti Busana Dalam Bahasa Kutai.

Ada yang digunakan untuk upacara adat, upacara pernikahan, maupun acara. Wilayah kalimantan timur menjadi rumah bagi beragam suku dengan latar belakang budaya yang juga beragam. Bawahannya berupa celana panjang yang menyesuaikan dengan warna baju, sedangkan untuk perempuan berupa rok panjang kurung.

Baju Adat Takwo Biasa Ini Memiliki Makna Kebesaran Untuk Perempuan Bangsawan Suku Kutai.

Kutsin merupakan baju adat yang sering dipakai oleh suku kutai. Pakaian adat kalimantan timur yang terakhir adalah sakai. Dalam ulasan kali ini, akan dibahas ragam pakaian adat kalimantan timur dan keunikannya:

Kustin Merupakan Pakaian Adat Yang Berasal Dari Kalimantan Timur Yang Memiliki Bentuk Dan Motif Menyerupai Busana Resmi Pernikahan.

Kata kustin sendiri berasal dari kata. 5 pakaian adat maluku dan bentuknya. Sesuai namanya kutai kuning, busana ini memiliki warna dasar kuning dengan aksesoris keemasan.

Pakaian Ini Berasal Dari Dayak Kalimantan Timur Ni Bornean Lebih Khususnya Dayak Kenyah Yang Merupakan Suku Dayak Mayoritas Di Kalimantan Timur.

Untuk penjelasannya simak ulasan dibawah ini diantaranya sebagai berikut : Berbeda dengan baju adat lainnya, pakaian miskat memiliki gaya semi formal sehingga menjadi salah satu seragam wajib bagi pegawai negeri sipil di provinsi kalimantan timur. Untuk wanita pakaian ini diberi nama ta’a dengan diberi ikat kepala yang terbuat dari pandan serta baju atasan inog dan roknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.