Rumah Adat Kudus

5 Model Dan Jenis Rumah Adat Jawa

Rumah Adat di Jawa Tengah – Indonesia memiliki keunikan budaya yang mirip. Tak heran, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini juga dapat dilihat dalam bentuk berbagai pakaian adat, upacara adat, senjata tradisional dan rumah adat.

Kali ini kita membahas Provinsi Jawa Tengah yang pastinya mirip dengan destinasi wisatanya. Padahal, daerah tersebut memiliki banyak sejarah dan keunikan, termasuk rumah adat Jawa Tengah dalam beberapa bentuk.

Rumah adat ini dulunya dimiliki oleh bangsawan, raja dan bangsawan. Dibandingkan dengan rumah adat lainnya, rumah Joglo memiliki keunikan tersendiri.

Mengutip majalah Manajemen Humaniora Menurut Djono, salah satu nilai kearifan lokal dapat ditemukan pada rumah adat Jawa. Hal ini mencerminkan keindahan budaya dan seni yang menyatu dengan kehidupan masyarakatnya.

Karya-karya warisan Jawa, seperti batik, rumah joglo, krisan, dan gamelan, mengandung beragam seni, tradisi, dan budaya. Rumah joglo merupakan salah satu jenis rumah adat jawa yang memiliki tata ruang terlengkap dan nilai kearifan yang dikandungnya tidak akan pernah habis.

Datang dan lihat 5 jenis rumah adat di Jawa Tengah dan simak penjelasannya di bawah ini:

Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

JOGLO PALING ASRI SE-JAWA 2-18 screenshot

Pada dasarnya masyarakat Jawa Tengah terbiasa membangun rumah atas dasar aktivitas dan status sosial.Rumah joglo tradisional ini dikenal sebagai rumah bangsawan atau orang kaya. Tak heran jika rumah ini terbuat dari kayu yang mahal dan berkualitas.

Rumah ini memiliki ciri-ciri, yaitu terdapat empat tiang utama di depan rumah. Kamar juga memiliki 2 bagian.Rumah utama memiliki Pendopo, Emperon, Pringiton, Senthong Tenga, Senthong Kiwa, Senthong Eng. Bagian dari rumah dan memiliki ruang gandhok.

Rumah Adat Kampung

rumah adat kampung

Rumah adat kampung berfungsi sebagai tempat tinggal layaknya rumah joglo tradisional. Namun, perumahan pedesaan tradisional umumnya hanya dihuni oleh orang-orang biasa atau kelas menengah ke bawah, seperti petani, pekerja pasar, dan petani.

Fitur khusus dari rumah pedesaan adalah jumlah pilar empat kali lipat. Dalam pembangunan rumah berbentuk persegi panjang dan memiliki 2 tiang penyangga atap rumah.

Menara terbuat dari tulang rusuk yang kuat, balok dan tongkat. Biasanya, rumah ini memiliki teras depan dan belakang.

Inilah 5 Jenis Rumah Adat di Jawa Tengah dan Penjelasannya. Selain rumah adat di Jawa Tengah, masih banyak rumah adat unik lainnya yang harus Anda ketahui. Bahkan, ini akan menambah pemahaman Anda tentang kekayaan budaya Indonesia.

Rumah Adat Tajug

Rumah Tajug Jawa

Berbeda dengan konsep rumah lainnya, rumah adat Tajuk dibangun bukan sebagai tempat tinggal, melainkan untuk beribadah.

Jadi rumah adat ini tidak boleh dibangun sembarangan. Masjid Agung Dimak merupakan salah satu contoh rumah adat Tajuk yang sangat populer di Indonesia.

Ada juga beberapa jenis rumah adat Tajuk dengan logo sari, Mankurath, Semar Tinandu dan Semar Sinonzong.

Bentuk atap rumah adat ini sangat mirip dengan atap rumah tradisional joglo. Atap rumah adat Tajuk juga berbentuk segitiga, melambangkan keabadian dan keesaan Tuhan.

Rumah adat Jawa Tengah Limason

Rumah adat Limasan ini memiliki atap berbentuk limas. Atap rumah adat ini memiliki 4 sisi dan sekilas terlihat seperti rumah adat di Sumatera Selatan.

Namun, rumah adat ini juga menampilkan berbagai Lawakan, Gajah Mungkur, Klabang Nyander dan Semar Pindohong.

Rumah adat ini biasanya terbuat dari bahan bata padat. Secara khusus, rumah adat Limasan ini tetap terlihat asri dan sederhana, meski tidak dicat atau dilapisi lapisan lain.

Rumah Adat Panggang PE Atau Cakrik

5 Rumah Adat di Jawa Tengah

Ini adalah rumah yang lebih sederhana dibandingkan dengan rumah tradisional lainnya. Rumah adat Panggang Pe memiliki tampilan dasar dari bangunan rumah adat lainnya.

Pertahankan 4 atau 6 posisi dukungan sederhana. Biasanya, rumah adat ini hanya berfungsi sebagai toko dan posko untuk dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.