Berikut Ini Informasi Baju Adat Bugis Sulawesi Selatan
Berikut Ini Informasi Baju Adat Bugis Sulawesi Selatan

Berikut Ini Informasi Baju Adat Bugis Sulawesi Selatan

Budaya Indonesia sangat beranekaragam merupakan kekayaan yang dianugerahkan Tuhan YME kepada bangsa Indonesia. Beranekaragam mulai dari warna kulit, bahasa, suku dan agama dan masih banyak yang lainnya.Sewajarnya bangsa Indonesia harus bersyukur dan bangga atas keberagaman yang luar biasa dimiliki.

Keanekaragaman suku Indonesia mempunyai adat budaya yang berbeda-beda.Keberagaman budaya yang kaya di Indonesia juga disumbangkan dari baju adat, bahasa, masakan tradisional dan kesenian yang sangat bervariatif keindahannya.Ciri-ciri fisik orang Indonesia pun beranekaragam seperti warna kulit, bentuk muka, bentuk rambut, dan warna mata.

Negara Indonesia yakni salah satu Negara terdapat berbagai budaya yang tidak terhitung jumlahnya. Saking banyaknya, membuat kita selaku salah satu masyarakat Negara indonesia bimbang apa saja budaya yang terdapat di indonesia.

Negara Indonesia disebut sebagai Negara kepulauan karena terdiri dari banyak pulau dan tersusun dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke. Dari 34 provinsi itu nyatanya terdapat bernekaragam budaya didalamnya.

Indonesia didukung dengan berbagai kebudayaan khas masing- masing daerah, sampai dari itu bangsa Indonesia diucap sebagai bangsa yang majemuk karena terdiri dari banyak suku adat, agama dan bahasa. masing- masing daerah di Indonesia

tiap masing- masing mempunyai budaya adat dan Kerutinan yang berbeda- beda.

Mengenai ini bisa dipengaruhi oleh banyak aspek. Salah satunya ialah kondisi geografis misalnya, masing- masing provinsi mempunyai rumah adat, Lagu daerah, tarian adat dan pakaian adat tiap- masing- masing. Salah satu daerah yang terdapat suku dan budayanya yakni sulawesi selatan.

Memahami Keunikan Baju Adat Bugis Sulawesi Selatan

Tiap provinsi tentu mempunyai baju khas wilayah sendiri- sendiri, apalagi terdapat pula provinsi yang mempunyai lebih dari satu baju khas. Baju adat ialah sesuatu simbol bukti diri kebudayaan dari sesuatu wilayah tertentu yang telah terdapat dari aset nenek moyang serta ialah peninggalan budaya yang kekal sepanjang masih terdapat yang melestarikannya. Salah satu baju khas wilayah yang unik serta menarik buat dibahas merupakan baju adat bugis.

Nah, postingan kali ini hendak mangulas lebih lanjut menimpa keunikan baju adat bugis Sulawesi Selatan.

Memahami Keunikan Baju Adat Bugis Sulawesi Selatan

Baju adat Bugis yang populer merupakan pakaian Bodo ( pakaian pendek) ataupun yang diketahui di Makassar dengan waju ponco. Dilansir dari novel Studi Budaya: Mempertahankan Tradisi di Tengah Krisis Moralitas yang ditulis oleh Erni, dkk( 2020: 105), pakaian Bodo ialah baju tradisional Bugis Makassar yang wujudnya persegi 4 serta mempunyai 2 sisi bagian atas yang panjangnya kira- kira sejengkal tidak dijahit. Pada bagian depan dilubangi supaya kepala bisa dimasukkan ke dalamnya serta sekalian ialah leher pakaian Bodo.

Busana tradisional banyak macamnya, masing- masing wilayah memiliki busana tradisional sendiri- sendiri. Model, motif( macam hias), warna, tata metode konsumsi serta lain- lain. Buat pendamping yang sesuai buat pakaian Bodo merupakan jas tutup yang dipakai oleh laki- laki merupakan baju adat Bugis lengkap ataupun jas tutup.

Pada adat Bugis, jas tutup merupakan baju kehormatan Bugis sehingga pada dikala prosesi adat maupun acara- acara adat memakai baju lengkap. Terus menjadi hitam warna jas tutup pakaian adat Bugis, hingga terus menjadi besar kebangsawanannya dengan simbol yang bisa kita amati dari derajat bangsawan panglima sampai pembantu.

Pakaian Bodo diketahui selaku baju yang kerap digunakan pada kegiatan pengantin serta acara- acara adat dikala ini mulai terkikis oleh kemajuan era. Tetapi, pakaian Bodo saat ini seakan terpinggirkan, digantikan oleh kebaya modern, gaun malam yang katanya modis, ataupun busana- busana yang lebih sederhana serta menjajaki trend kekinian.

Oleh sebab itu, kita wajib memahami serta melestarikan lagi baju adat selaku sesuatu kebanggaan bangsa kita. Mudah- mudahan berguna!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.