Berikut Keunikan dan Eksotisme Baju Adat Papua
Berikut Keunikan dan Eksotisme Baju Adat Papua

Berikut Keunikan dan Eksotisme Baju Adat Papua

Bila baju adat paling ujung sabang Banda Aceh terkenal dengan Linto Baro, maka dari ujung timur Merauke Papua khas serta terkenal dengan baju tradisional Koteka. Perlu kamu ketahui Baju adat khas papua bukan cuma koteka saja loh gaes akan tetapi terdapat tenun tradisional dari daun sagu kering yang unik serta berkarakter.

Sekilas Tentang Papua, Daerah serta Suku

Luas daerah 420. 540 kilometer, Pada tahun 2004, diiringi oleh bermacam protes, Papua dipecah jadi 2 provinsi oleh pemerintah Indonesia bagian timur tetap mengenakan nama Papua sebaliknya bagian baratnya jadi Irian Jaya Barat yang saat ini jadi Provinsi Papua Barat.

Mengutip halaman web Papua. go. id Kelompok suku asli di Papua terdiri dari 255 suku, dengan bahasa yang tiap- tiap Suku berbeda. Suku- suku tersebut antara lain:

Kembali ke ulasan busana adat tradisional khas yang dikenakan warga papua, berikut  tipe baju adat Papua yang unik serta berkarakter.

  1. Baju Adat Buat Laki- laki Papua terdapat Koteka

Yang sangat umum kita tahu busana khas dari papua merupakan koteka.

Busana koteka yang khas di pakai warga papua selaku busana buat menutupi bagian berarti pada sang laki- laki. Nyatanya nama koteka sendiri mempunyai istilah lain pula gaes ialah hilon, harim, ataupun bobbe.

Pada penggunaan setiap hari pernak- pernik ekstra pada busana ini terdapat pengikat kepala serta tas rajut khas papua serta senjata tradisional semacam panah.

  1. Gimana Teknik Membuat Koteka?

Koteka dibuat dari bahan tumbuhan tipe sayur- mayur gaes ialah labu air.

didaerah lain labu air ini pula di peruntukan selaku tempat minuman ataupun arak, tetapi wujud nya yang agak bundar semacam tabung.

Buat koteka yang digunakan di tanah papua memakai labu air yang wujud nya memanjang sesuai gunanya supaya sesuai digunakan sebagai busana tradisional.

Tipe labu air yang telah tua mempunyai kulit keras dapat di peruntukan koteka, dengan metode membuang bagian dalam biji buah serta daging sampai tinggal kulit nya saja. Sehabis kering serta keras barulah koteka siap digunakan.

  1. Arti serta filosofi tercantum pada busana Koteka

Apakah keunikan serta arti yang dapat kita pelajari dari busana koteka ini?

Selaku informasi ekstra pemakaian baju adat koteka mempunyai nilai filosofi ataupun arti. Semakin besar peran laki- laki secara adat, hingga dimensi koteka yang dikenakan pula terus menjadi besar.

Keunikan lain ada pula modifikasi ataupun custom yang dicoba suku Tiom yang memakai 2 buah labu air buat membuat koteka.

Wujud labu pula mempunyai arti serta tujuan tertentu. Untuk area warga adat Suku Dani, wujud koteka menunjukkan kelas sosial pemakainya. Koteka yang berupa melengkung cuma dikenakan orang- orang yang memiliki pengaruh dalam warga.

  1. Baju Adat Rok Rumbai khas Papua

Tipe busana Rok rumbai merupakan padanan set dari pakaian kurung yang dipakai oleh kalangan Perempuan. Bahan membuat Rok ini memakai daun sagu kering serta dipakai buat menutupi badan bagian dasar.

Berbeda dengan laki- laki, rok rumbai yang dipakai oleh laki- laki tidak memakai baju atasan pakaian kurung yang umumnya dipakai wanita melainkan rok rumbai saja.

Sebagian kelompok etnis papua yang masih memakai rok rumbai antara lain Yapen, Enjros, Biak Numfor, Nafri, Tobati, serta Sentani.

  1. Spesifikasi Details Rok Rumbai

Merujuk foto diatas, rok rumabi dilengkapi sebagian aksesoris

Tipe pernak- pernik yang digunakan semacam, ikat kepala yang unik, kalung serta gelang.

Terus menjadi berkarakter dengan pola ataupun semacam tato/ Body Painting yang bercorak putih yang di tulis di tubuh laki- laki serta perempuan.

Khusus perempuan rok rumbai di padankan dengan pakaian kurung buat bagian atasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.