Contoh penerapan abstraksi dalam kehidupan sehari-hari

NEGERI SATU – Kemampuan untuk mengabstraksi adalah suatu keharusan bagi setiap orang, dan mengajar anak-anak untuk memecahkan masalah dalam kehidupan mereka sekarang dan masa depan sangat penting.

Apalagi sekarang perkembangan teknologi dan internet sudah semakin maju. Mendapatkan informasi yang Anda inginkan sangat sederhana. Tentu saja, anak-anak harus siap untuk mengatur (abstrak) informasi yang mereka butuhkan agar tidak terganggu oleh informasi yang tidak relevan.

Disadari atau tidak, kita sering membuat abstraksi dalam kehidupan sehari-hari. Abstraksi tidak hanya berguna dalam bidang ilmu komputer, tetapi dapat diterapkan pada banyak kegiatan interdisipliner.
Guru dan orang tua memainkan peran kunci dalam memperkenalkan pemikiran kalkulus pada anak-anak, termasuk proses abstraksi untuk pemecahan masalah. Di bawah ini adalah contoh penerapan proses abstraksi untuk memecahkan masalah sehari-hari.
belanja anak-anak

Satu hal sederhana yang dapat dilakukan orang tua untuk merangsang proses berpikir abstrak anak-anak mereka adalah membawa mereka ke toko kelontong. Tentu saja, di supermarket, anak-anak melihat beberapa bagian seperti bagian makanan ringan dan makanan kering, bagian buah dan sayuran segar, dan bagian daging.

Saat berada di supermarket, orang tua dapat meminta anak-anak mereka untuk menemukan merek atau merek barang tertentu.

Kedengarannya sederhana, tetapi otak kita melakukannya secara otomatis. Tetapi bahkan jika Anda memberi tahu mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah proses abstraksi dan bahwa mereka akan fokus pada bagian menemukan apa yang harus mereka beli dan mengabaikan bagian yang tidak berfungsi, tidak akan terjadi apa-apa. .
berbicara tentang hari-hari yang telah berlalu

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih proses abstraksi anaknya adalah dengan mengajaknya bercerita tentang hari-hari yang telah berlalu.Contoh pertanyaan sederhana adalah “Apa yang kamu lakukan hari ini?”.

Tentu banyak hal yang terjadi, seperti anak-anak keluar rumah dan pergi ke sekolah. Namun biasanya anak akan menceritakan apa yang paling berkesan bagi mereka dan memilih untuk mengabaikan cerita lainnya. Tanpa disadari, hal ini memicu proses berpikir abstrak anak.
Buat ringkasan topik

Adapun pembentukan proses berpikir abstrak anak yang dapat dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan membuat rangkuman suatu mata pelajaran tertentu dapat diperoleh.

Demikian beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang konsep proses atau abstraksi dalam berpikir komputasional. Saya tidak akrab dengan konsep ini sebelumnya, tetapi sebelum saya menyadarinya, otak kita umumnya melalui proses abstraksi. Dengan pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan, kami dapat memecahkan masalah yang lebih kompleks. Abstraksi sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini untuk menciptakan gambaran umum tentang apa itu masalah dan bagaimana cara menyelesaikannya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.