Contoh refleksi pembelajaran

NEGERI SATU – Di bawah ini adalah beberapa bentuk atau contoh pembelajaran reflektif yang dapat dilakukan di dalam kelas.

Refleksi Bahan Ajar

Salah satu contoh refleksi pembelajaran yang paling umum adalah meninjau kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara mandiri dengan memahami dan mencatat poin-poin penting dan kemudian membaca semua catatan yang relevan dari awal.

Setelah selesai membuat catatan, Anda dapat melanjutkan menjelaskan diri sendiri tanpa melihat buku di depan cermin atau meminta orang lain mendengarkan Anda. Metode ini diyakini dapat memastikan bahwa siswa tidak hanya menghafal, tetapi belajar bagaimana memahami dan menjelaskan materi.

Merefleksikan Manfaat dari Apa yang Anda Pelajari

Selain kecerdasan, yang tidak kalah pentingnya dalam bidang pembelajaran adalah pembentukan karakter siswa. Setelah siswa mempelajari materi yang telah mereka peroleh, sangat penting untuk merefleksikan pembelajaran mereka dalam hal prestasi. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk berpikir di luar kotak, kritis, dan menghasilkan pemikiran yang berkualitas.

Banyak anak tumbuh dengan cerdas, tetapi hanya dapat mengerjakan soal dan materi yang serupa dengan yang diajarkan.

Refleksi rencana untuk meningkatkan pembelajaran di masa depan

Merefleksikan pembelajaran untuk orang lain, atau merencanakan tindakan pembelajaran di masa depan, dapat membantu mengubah kebiasaan belajar yang buruk. Di masa lalu, kita perlu tahu apa yang salah dan apa yang mungkin menghambat pembelajaran siswa.

Harus ada kemauan dan niat siswa untuk mengubah sifat-sifat buruk tersebut. Untuk mengurangi intensitas perilaku buruk harus diganti dengan cara yang positif. Hal ini mempengaruhi kualitas pembelajaran di masa depan.

Refleksi tentang metode pembelajaran

Tentu saja tingkat pemahaman setiap siswa berbeda-beda. Inilah sebabnya mengapa metode yang diterapkan di sekolah dan kemudian digunakan untuk belajar banyak siswa dianggap tidak terlalu efektif.

Jika semua siswa menggunakan metode belajar yang sama, beberapa siswa mungkin tertinggal karena tidak mengerti cara belajar. Inilah pentingnya meninjau setiap siswa untuk melihat apakah mereka memiliki masalah dalam menerapkan metode pembelajaran yang digunakan.
refleksi verbal

Refleks termudah untuk melakukan ini bisa sering dilakukan. Refleksi ini dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada siswa dan meminta masukannya.

Pertanyaan yang diajukan kepada siswa mungkin berhubungan dengan suasana selama kegiatan belajar mengajar, pemahaman materi, atau persepsi siswa tentang situasi kelas. Selain itu, ajukan pertanyaan agar Anda dapat memberikan umpan balik kepada guru, seperti bagaimana guru mengajar, kritik atau saran untuk meningkatkan kinerja guru.

Melihat kembali buku harian studi

Refleksi ini dibuat dan ditulis oleh guru yang bersangkutan. Menulis buku harian dapat dijadikan sebagai bahan penilaian bagi guru di akhir semester dan membantu meningkatkan hasil belajar di kemudian hari. Buku harian ini dapat digunakan untuk menganalisis proses pembelajaran dan rencana yang dibuat untuk mengatasi masalah.

itulah pembahasan terkait Contoh refleksi pembelajaran, semoga bermanfaat***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.