Jenis dan Keunikan Baju Adat Nusa Tenggara Timur, NTT
Jenis dan Keunikan Baju Adat Nusa Tenggara Timur, NTT

Jenis dan Keunikan Baju Adat Nusa Tenggara Timur, NTT

Nama ibu kota Nusa Tenggara Timur atau NTT adalah Kupang, dan destinasi wisata yang paling terkenal adalah Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Postingan ini menjelaskan tentang keunikan pakaian adat daerah Nusa Tenggara Timur seperti Sumba, Rohto, Shabo, Heron dan Dawhan.

Menurut kabupaten administratif, NTT terdiri dari beberapa provinsi, dan letak geografis Nusa Tenggara Timur dikelilingi oleh Laut Flores di utara, Samudera Hindia dan Australia di selatan, Timor-Leste di timur, dan Tengala. sebelah barat Nusa. meningkat. Ke arah barat.

Pelajari tentang suku dan daerah NTT

Tidak hanya terkenal dengan wisatanya, NTT juga memiliki keunikan rumah adat dan memiliki keunikan pakaian adat yang dikenakan pada upacara adat dan acara resmi pemerintahan. Jenis dan fungsi pakaian adat serta keunikan pakaian adat NTT dijelaskan di bawah ini.

Berbagai suku bangsa yang berasal dari NTT antara lain suku Shabo, Rohto, Bangau, Dawhan, Sumba, Manggarai, dan Rio. Seperti halnya Sumatera Utara, setiap suku bangsa di negara bagian biasanya memiliki keunikan dan ciri khas pakaian adatnya masing-masing. Misalnya, ada enam jenis pakaian tradisional sub etnis Batak.

baju adat sumba

Misalnya, karena NTT terdiri dari berbagai daerah seperti Sumba Timur, maka pakaian adat dan aksesoris garmen masyarakat Sumba Timur dapat dibedakan menjadi dua jenis.

Pakaian dan perhiasan untuk pria selama pernikahan

Lihat gambar di atas, pakaian tradisional pria menggunakan kain (disebut hingi), rumput laut berwarna merah, rumput laut laukadana adalah kain campuran warna, kerudung rumput laut adalah belau atau kain rumput laut kerah biru, dan rumput laut puff du adalah bordir. Dapat dijelaskan.

Aksesori dan ornamen yang digunakan oleh pria adalah tiara berbentuk strip yang terdiri dari tiara bermotif dengan sulaman depan dan puff du tiara yang merupakan ikat kepala bersulam.

Yang disebut Mutisarac atau Anahida adalah melilit pergelangan tangan kiri, kaviara atau parang, dan penyangga Karumbat atau sirih.

Fashion dan perhiasan untuk wanita

Mengenakan salon tenun bergaris yang dihiasi dengan pola dan pola garis-garis cerah berbentuk manusia, hewan, dan bunga, ujung-ujung salon dihiasi dengan manik-manik porselen.

Tali tinggi dan dua syal satin yang sangat panjang berwarna hijau, kuning, atau merah diikat di pinggang dan dahi, dan variasi warnanya kontras dengan warna salon.

Ada selendang tenun khas Sumba dengan warna keputihan dengan warna merah bata, biru tua dan biru pucat.

Kura-kura berkaki kuning, kijang, kura-kura berkaki kuning berukuran sulur (17 x 20 cm)

Liontin memo emas bentuk huruf Omega, kalung muti merah berhiaskan anting mamul atau bentuk lain, gelang gading besar

Baju Adat Suku Rote

Keunikan pakaian Rohto ini adalah hiasan kepala atau topi yang dikenakan oleh para pria. Hiasan kepalanya seperti topi sombrero khas Meksiko yang disebut Ti’ilangga, terbuat dari daun lontar yang dikeringkan. Penuh makna dan simbol kepercayaan diri dan wibawa saat dikenakan oleh para pria Rohto.

Ciri lainnya adalah corak tekstil khas Rohto Nusa Tenggara Timur. Perlu Anda ketahui bahwa yang dimiliki pria pada gambar di atas adalah alat musik asli Sasando yang ada di pulau Rote.

Pakaian Adat Suku Sabu

Suku Sabu NTT adalah kostum rakyat sederhana dengan kain tenun yang dililitkan di tubuh dan aksesoris yang menempel di kepalanya, yang membedakannya dari kostum rakyat lainnya.

Baju Adat Suku Dawan

Permukiman Dawhan hidup di berbagai bagian NTT, seperti Lonceng dan Kupang. Nama pakaian suku Dawhan dikenal dengan pakaian Amarasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.