Mengenal lebih dalam tentang Literasi

NEGERI SATU – Literasi merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai. Selain itu, di era belajar mandiri ini, Ujian Nasional (UN) telah digantikan oleh Assesmen Nasional (AN). Salah satu komponen penilaian nasional itu sendiri adalah AKM (Penilaian Kompetensi Minimum). AKM menilai kemampuan membaca, menulis dan matematika. Tidak hanya itu, literasi juga menjadi salah satu tolak ukur kemajuan pendidikan suatu negara, menurut kriteria PISA (International Student Assessment Program) Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Bagaimana kita bisa meningkatkan literasi setiap siswa Tentu saja, dari tahap awal literasi, penguatan bahasa adalah salah satu faktor kunci. Artikel ini membahas pengayaan bahasa lebih lanjut untuk literasi awal.

Apa itu literasi?

Apa itu literasi? Apakah literasi hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis? Tentu tidak. Literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis.

Banyak ahli menawarkan definisi literasi. Salah satunya, menurut Elizabeth Sulzby, adalah literasi, kemampuan individu untuk berkomunikasi melalui menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara dengan cara yang berbeda tergantung pada tujuannya.

Di sisi lain, menurut UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), literasi didefinisikan sebagai seperangkat keterampilan praktis yang berkaitan dengan membaca dan menulis.

Secara sederhana, literasi berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis. Tapi tentu saja, keaksaraan adalah keterampilan yang lebih kompleks.

Manfaat Literasi

Literasi merupakan keterampilan inti yang harus dikuasai oleh setiap individu. Literasi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Perluas kosakata Anda

2. Lebih mengoptimalkan kinerja otak dalam kegiatan membaca dan menulis

3. Tambahkan detail

4. Dapatkan informasi baru

5. Meningkatkan keterampilan interpersonal

Jenis-jenis literasi

Literasi bukan hanya kegiatan membaca dan menulis. Oleh karena itu, ada banyak jenis literasi. Jenis-jenis literasi tersebut adalah:
1. Keaksaraan dasar

Literasi dasar ini bisa disebut literasi dini. Literasi dasar terdiri dari kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berhitung.

Keaksaraan dasar bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, membaca, menulis dan berhitung.
2. Literasi bibliografi

Literasi perpustakaan adalah literasi yang berkaitan dengan kemampuan mencari literatur. Mulailah dengan membedakan antara karya fiksi dan nonfiksi. Memahami cara menggunakan katalog dan indeks. Untuk dapat memahami literatur yang ada.
3. Literasi media

Literasi media adalah literasi yang berkaitan dengan kemampuan mengakses media, mulai dari media cetak dan elektronik hingga media sosial. Literasi ini juga berkaitan dengan bagaimana kita memahami informasi yang kita dapatkan dari media tersebut.
4. Literasi teknis

Literasi teknologi diartikan sebagai kemampuan untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Misalnya antara perangkat keras dan perangkat lunak. Sebanyak teknologi Internet adalah etika menggunakan Internet.
5. Literasi Visual

Literasi visual merupakan keterampilan literasi yang berkaitan dengan pemahaman dan interpretasi informasi berupa elemen visual (gambar).

Keterampilan literasi visual ini memungkinkan orang untuk memahami informasi dari gambar yang mereka lihat.

Prinsip Literasi

Untuk mengembangkan literasi, ada beberapa prinsip yang harus diikuti. Berikut adalah beberapa prinsip untuk mengembangkan literasi:
1. Pentingnya bahasa lisan

Prinsip pertama literasi adalah pentingnya kata yang diucapkan. Bahasa lisan sangat penting agar siswa dapat berbicara secara terbuka. Ketika berdebat, siswa menyatakan pendapat mereka dan mendengarkan orang lain. Dimana semuanya menggunakan bahasa lisan.
2. Saldo

Pengembangan literasi di sekolah harus seimbang. Artinya, untuk menyesuaikan diri dengan situasi masing-masing siswa.
3. Pentingnya keragaman

Pengembangan literasi di sekolah juga harus meningkatkan pentingnya keragaman. Hal ini tidak mengherankan, karena Indonesia adalah negara yang beragam.

itulah pembahasan terkait Mengenal lebih dalam tentang Literasi, semoga bermanfaat***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.