MENJADI GURU YANG ADAPTIF

NEGERI SATU – Perubahan harus terjadi secara alami. Disadari atau tidak, segala sesuatu dalam hidup ini mengalami perubahan yang konstan dari waktu ke waktu. Karena perubahan itu sendiri merupakan perintah Tuhan yang tidak dapat dihindarkan, begitu pula dalam kegiatan pembelajaran dan dalam dunia pendidikan yang selalu berubah.

Jika Anda seorang guru atau suka mengajar dan ingin mengikuti perkembangan pendidikan di Indonesia, dunia pendidikan di Indonesia akan terus berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan belajar, metode pengajaran, perubahan kurikulum, kebijakan, dll. dia seharusnya memperhatikan bahwa banyak yang telah berubah. perubahan dll. Contoh perubahan yang kita alami saat ini antara lain pergeseran dari pembelajaran tatap muka tradisional ke pembelajaran jarak jauh online dan konversi kurikulum K-13 menjadi kurikulum mandiri.

Adanya perubahan ini bersifat positif karena menunjukkan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan zaman. Guru merupakan figur kunci dalam pendidikan, sehingga guru diharapkan mampu beradaptasi dan siap menghadapi perubahan.

Ketika terjadi perubahan kurikulum, guru harus mampu mengimplementasikan kurikulum secara tepat di satuan pengajarannya dan mempertimbangkan kurikulum yang berlaku untuk mencapai tujuan pendidikannya. Sebagus apapun konsep reformasi pendidikan, akan sulit dilaksanakan jika guru tidak beradaptasi dan tidak siap.
menjadi guru yang adaptif

Kegiatan pembelajaran adaptif yang dipimpin guru dapat memberi contoh dan menanamkan rasa percaya diri pada siswa. Menjadi guru yang adaptif dapat membantu menciptakan pembelajaran yang optimal, membantu siswa mencapai tujuan belajarnya, dan meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik.
Seorang guru yang adaptif juga harus mampu mengartikulasikan nilai-nilai kepribadian siswa. Tujuan dari klasifikasi nilai kepribadian ini adalah untuk membantu siswa memahami arti dan tujuan belajar serta mengevaluasi kemajuan belajarnya.

Guru adaptif juga harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan minat dan pengalaman siswanya. Dalam pendidikan, siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi, bermain dan belajar secara berkelompok. Kegiatan belajar juga lebih menyenangkan. Misalnya, Anda dapat berbicara, bernyanyi, atau bermain dengan siswa Anda untuk menanamkan pengetahuan dan nilai karakter.

Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan besar terutama dalam bidang teknologi. Hal ini menuntut guru untuk memahami teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran modern dan untuk dapat terus belajar. Selain itu, guru juga dapat menciptakan pembelajaran online yang efektif.

Menjadi guru yang adaptif adalah sesuatu yang perlu diwujudkan karena perubahan besar ini bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa dihindari di setiap negara dan gaya hidup di dunia.

Pengetahuan ini sangat luas dan tidak terbatas. Oleh karena itu, kita para guru tidak boleh berhenti belajar. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang lebih cerdas. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.