OPSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

NEGERI SATU – Beberapa waktu lalu, di kanal YouTube Merdeka Raan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan episode ke-15 Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Kurikulum mandiri merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dimulai pada tahun 2021 dan akan menjadi kurikulum yang diterapkan di sekolah mengemudi.
Tiga Pilihan Implementasi Kurikulum Mandiri

Pasalnya, satuan pendidikan kini bisa mendaftarkan diri dalam implementasi kurikulum mandiri melalui jalur mandiri.

Pilihan ketiga adalah sekolah memilih berdasarkan standar atau kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum mandiri. Berikut uraian ketiga pilihan Kurikulum Merdeka.
1. Belajar mandiri

Opsi pertama adalah Mandiri Learning, opsi bagi sekolah yang belum siap memperkenalkan kurikulum mandiri pada 2022.

Dalam pilihan belajar mandiri, sekolah menawarkan bagian yang berbeda dari kurikulum mandiri dan kurikulum mandiri tanpa kurikulum yang diterapkan atau saat ini diterapkan pada pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. Prinsip dapat diterapkan.
2. Modifikasi Kepemilikan

Sekolah dapat memilih opsi perubahan mandiri jika satuan pendidikan mampu beradaptasi dan siap untuk berubah. Perubahan mandiri berarti sekolah mulai menerapkan kurikulum mandiri, memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaan perangkat pengajaran yang ditawarkan di PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.
3. Berbagi secara mandiri

Sekolah yang siap menerapkan kurikulum mandiri dapat memilih opsi berbagi mandiri. Opsi ini memberi sekolah fleksibilitas untuk menerapkan kurikulum mandiri menggunakan alat pengajaran yang disediakan atau membuat kurikulum sendiri. 7 dan 10 derajat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.