Pengenalan Pola dalam Computational Thinking

NEGERI SATU – Pengenalan Pola atau Pattern Recognition dalam berpikir komputasional adalah kemampuan untuk mengenali atau mengetahui pola, tren, keteraturan dalam data dan persamaan dan perbedaan dalam hal-hal yang nantinya dapat digunakan untuk membuat prediksi dan menyajikan data.

Dengan kata lain, pengenalan pola adalah suatu metode untuk mengenali pola dalam suatu masalah dan memperoleh solusi dari pola yang diketahui. Ketika masalah terjadi, seseorang menganalisis masalah, mencari persamaan atau perbedaan umum dengan masalah, menemukan pola dalam masalah, dan membantu mengembangkan solusi yang lebih efektif.

Penggunaan teknologi pengenalan pola dapat menjadi jalan pintas untuk melakukan prediksi dan mencari solusi dari permasalahan.

Keterampilan berpikir komputasional, termasuk pengenalan pola, sangat penting bagi semua orang sehingga harus diperkenalkan dan diasah sejak usia dini. Orang tua dan guru memainkan peran penting dalam menumbuhkan pola pikir ini dalam kehidupan sehari-hari anak-anak mereka.

Secara umum pengenalan pola atau pattern recognition bisa datang secara alami ketika seseorang mendapat masalah. Hal ini dikarenakan seseorang sudah memiliki pengalaman memecahkan masalah, atau disebut dengan intuisi.

Semakin sering proses pengenalan pola dalam pemikiran komputasi dilatih dan disempurnakan, semakin banyak masalah diselesaikan dengan cara ini, semakin baik keterampilannya.
Contoh aplikasi pengenalan pola

Di bawah ini adalah contoh sistem atau aplikasi yang menggunakan proses pengenalan pola.
penglihatan buatan

Proses pengenalan pola merupakan dasar dari aplikasi mesin ini. Visi mesin digunakan untuk mewakili, menganalisis, dan menggambarkan suatu objek atau sekelompok objek melalui kamera.
Pengenalan karakter (OCR)

Pengenalan karakter adalah sistem yang menggunakan teknik pengenalan pola umum untuk memecahkan masalah otomatisasi dan informasi. Sistem ini memiliki perangkat ujung depan yang terdiri dari lensa pemindai, generator cahaya, dokumen transportasi, dan detektor.
diagnostik terkomputerisasi

Diagnosis dengan bantuan komputer adalah sistem yang membantu dokter membuat keputusan diagnostik.
Pengenalan vokal

Pengenalan suara adalah sistem yang menggunakan pengenalan pola suara dalam aplikasi yang saat ini sedang dikembangkan. Sistem ini memungkinkan komunikasi dengan memasukkan data ke dalam komputer. Selain itu, sistem tidak hanya dapat meningkatkan kontrol mesin, tetapi juga efisiensi produksi.
Pengenalan wajah

Pengenalan wajah adalah sistem aplikasi yang menggunakan model wajah untuk mengenali gambar wajah yang digunakan dalam otomatisasi dan keamanan industri.
otentikasi biometrik

Biometrik adalah sistem yang membantu kita mengenali pola pada makhluk hidup yang terhubung menggunakan parameter psikologis atau perilaku.
Cari database gambar

Image Database Retrieval adalah sistem yang digunakan untuk mengembalikan citra database.
ekstraksi data

Data mining adalah sistem yang menggunakan model pengelompokan objek ke dalam sejumlah data yang berurutan untuk memberikan informasi yang berguna dan diperlukan.
bioinformatika

Bioinformatika adalah sistem terkait medis yang menggunakan teknik pengenalan pola dan citra dari citra penyakit. Pengenalan pola yang digunakan adalah pola yang berasal dari analisis diagnosis penyakit dan umumnya berkaitan dengan dunia biologi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.